Pages

Apakah Kamu Seorang INFJ?

Bagi yg tertarik mengetahui tipenya, dapat mengikuti tes di sini

Dikenal sebagai The Counselor, The Healer atau The Foreseer Developer.


Jika ada satu tipe kepribadian paling langka di dunia ini, itulah INFJ. Ia dianugerahkan daya intuisi paling kuat dimana ia dapat dengan mudah memahami motif terselubung dan meng-X-ray kepribadian orang lain. Kebanyakan dari INFJ mengalami kesulitan untuk menjalani kehidupan. INFJ seringkali dianggap misterius yang sebenarnya karena ia tidak nyaman untuk membagikan imajinasi-imajinasinya pada orang lain. Gaya bahasanya yang rumit, menggunakan banyak metafora yang tidak umum, memang membuatnya tampak intelek, tetapi juga seperti alien. Oleh karenanya, INFJ sangat selektif dalam membagi pemikiran dan perasaannya pada orang lain. Memiliki kemampuan untuk fokus pada berbagai kemungkinan, melihat jauh ke depan, memegang teguh prinsip dan nilai hidupnya memudahkan INFJ dalam memahami tujuan dan merencanakan langkah-langkah yang harus diambil kemudian. Meskipun memiliki kecerdasan tinggi, tetapi INFJ lebih menyukai berkontribusi bagi kesejahteraan hidup khalayak ramai. INFJ sangat tidak menyukai kelicikan, kecurangan, kekejaman dan cukup keras terhadap hal-hal yang melanggar prinsip dan nilai hidupnya. Secara alami sangat tidak menyukai konflik dan perdebatan, INFP cenderung untuk mengemukakan hal-hal yang baik dan kurang bisa memberikan kritik karena tidak ingin menyakiti atau takut tidak disukai oleh lawan bicara.

Tampilan Fisik:
Bila kita perhatikan lebih seksama, bentuk wajahnya oval, tetapi ada beberapa INFJ berwajah kotak. Hidungnya lurus dan memanjang, tetapi tidak terlalu jelas. Dalam banyak kasus, INFJ memiliki figure yang langsing dan bergerak dengan cepat kadang kasar. Namun, untuk INFJ yang memiliki figure lebih penuh akan terlihat pergerakan yang kurang aktif dimana terlihat ia menjaga jarak antar kakinya agar tetap dekat dan parallel ke tanah dan setiap langkahnya pendek.
INFJ sangat terkenal dengan ekspresi wajahnya yang lesu atau tidak bersemangat. Bahkan seringkali terlihat menderita padahal mereka sama sekali tidak merasa demikian. Ketika mereka dalam kondisi emosi yang bahagia, mereka hanya akan tersenyum. Sementara ketika mereka sedang sangat marah atau kesal, mereka akan menampilkan ekspresi wajah dan berkata dengan intonasi mencela.
Dalam berpakaian, INFJ umumnya sederhana. Namun, dari waktu ke waktu mereka mungkin akan memakai pakaian yang modis dan ini sering terlihat pada INFJ pria.
Kekuatan: Natural leader, hangat, lembut, peka pada kebutuhan orang lain, pendengar yang baik, bertanggung jawab, berkomitmen, berdedikasi, detail, jenaka, loyal, visioner, konsisten, kreatif, mampu bekerja secara logis dan rasional dengan menggunakan intuisi mereka untuk memahami goal kemudian mencapainya, protektif,
Kelemahan: over-analyzed, tiba-tiba menghilang dalam waktu yang lama, emosional, terlalu sensitif, keras kepala, misterius, membingungkan, sangat tertutup, sering curiga
Hobi: INFJ sangat menyukai kesendirian, kecuali dalam lingkungan yang menstimulasi mereka secara intelektual. Kegemaran lainnya adalah membaca, mendengarkan musik, memainkan alat musik, mendesain suatu model, dan mengikuti event terbaru.
Bakat Terpendam: Intuisi yang sangat kuat, ahli membaca motif dan kepribadian orang lain,
Karir Ideal: Guru, dokter, praktisi kesehatan, psikolog, psikiater, penasihat, pekerja sosial, musisi, seniman, fotografer, semua pekerjaan yang menyangkut ide-ide baru, berinteraksi dengan orang lain dalam grup kecil, dan lebih nyaman memimpin daripada menjadi pengikut.

Sisi Romantis INFJ
Definisi Cinta: Suatu petualangan untuk menemukan belahan jiwa (soul mate). INFJ hanya tertarik pada hubungan yang sempurna.
Jatuh Cinta: Secara perlahan. Dengan logikanya terlebih dahulu baru kemudian dengan seluruh hatinya. INFJ memiliki kedalaman dalam memberikan perhatian yang tidak umum ditemukan pada tipe kepribadian MBTI lainnya.
Putus Cinta: Dapat meninggalkan suatu hubungan ketika mereka yakin telah benar-benar berakhir. Pasangan yang menyinggung nilai-nilai kehidupannya akan dimasukkan daftar hitam selamanya.
Komitmen: Mencari komitmen seumur hidup. INFJ melakukan pendekatan pada calon pasangan secara serius.
Pasangan Ideal: ENTP atau ENFP. Pasangan yang menghormati nilai-nilai kehidupan dan mengapresiasi kreativitas dan inspirasinya.
Sumber: socionics, personalitypage, wedomarriage, mypersonality

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Im n INFJ and a fresh grad doctor. Nice post :-)

Anonim mengatakan...

dahsyat! sgt inspiratif dan semoga sy bisa benar2 bisa jadi guru.. nice post! salam nina

Posting Komentar