Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rhenald Kasali (lahir di
Jakarta,
13 Agustus 1960; umur 51 tahun
[1]) adalah
akademisi dan
praktisi bisnis asal
Indonesia.
[2] Ia juga merupakan guru besar bidang Ilmu manajemen di
Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
[1] Rhenald Kasali dikukuhkan sebagai
guru besar pada 4 Juli 2009.
[3]
Sekedar share hasil copas yang semoga bisa bermanfaat... Pendidikan Sebenarnya by Prof Rhenald Kasali (Guru Besar FE UI) http://id.wikipedia.org/wiki/Rhenald_Kasali
LIMA belas tahun lalu saya pernah mengajukan protes pada guru sebuah
sekolah tempat anak saya belajar di Amerika Serikat.Masalahnya, karangan
berbahasa Inggris yang ditulis anak saya seadanya itu telah diberi
nilai E (excellence) yang artinya sempurna, hebat, bagus sekali. Padahal
dia baru saja tiba di Amerika dan baru mulai belajar bahasa.
Karangan yang dia tulis sehari sebelumnya itu pernah ditunjukkan kepada
saya dan saya mencemaskan kemampuan verbalnya yang terbatas. Menurut
saya tulisan itu buruk, logikanya sangat sederhana. Saya memintanya
memperbaiki kembali,sampai dia menyerah. Rupanya karangan
itulah yang diserahkan anak saya kepada gurunya dan bukan diberi nilai
buruk, malah dipuji. Ada apa? Apa tidak salah memberi nilai? Bukankah
pendidikan memerlukan kesungguhan? Kalau begini saja sudah diberinilai
tinggi, saya khawatir anak saya cepat puas diri. Sewaktu saya protes, ibu guru yang menerima saya hanya bertanya singkat. “Maaf Bapak dari mana?” “Dari Indonesia,” jawab saya. Dia pun tersenyum. BUDAYA MENGHUKUM
Pertemuan itu merupakan sebuah titik balik yang penting bagi hidup
saya. Itulah saat yang mengubah cara saya dalam mendidik dan membangun
masyarakat. “Saya mengerti,” jawab ibu guru yang wajahnya mulai
berkerut, namun tetap simpatik itu. “Beberapa kali saya bertemu
ayah-ibu dari Indonesia yang anak anaknya dididik di sini,”lanjutnya.
“Di negeri Anda, guru sangat sulit memberi nilai. Filosofi kami mendidik
di sini bukan untuk menghukum, melainkan untuk merangsang orang agar
maju. Encouragement! ” Dia pun melanjutkan argumentasinya.
“Saya sudah 20 tahun mengajar. Setiap anak berbeda beda. Namun untuk
anak sebesar itu, baru tiba dari negara yang bahasa ibunya bukan bahasa
Inggris, saya dapat menjamin, ini adalah karya yang hebat,” ujarnya
menunjuk karangan berbahasa Inggris yang dibuat anak saya. Dari diskusi itu saya mendapat pelajaran berharga. Kita tidak dapat mengukur prestasi orang lain menurut ukuran kita. Saya teringat betapa mudahnya saya menyelesaikan study saya yang bergelimang nilai “A”, dari program master hingga doktor.
Sementara di Indonesia, saya harus menyelesaikan studi jungkir balik
ditengarai ancaman drop out dan para penguji yang siap menerkam. Saat
ujian program doktor saya pun dapat melewatinya dengan mudah.
Pertanyaan mereka memang sangat serius dan membuat saya harus
benar-benar siap.Namun suasana ujian dibuat sangat bersahabat. Seorang
penguji bertanya dan penguji yang lain tidak ikut menekan, melainkan
ikut membantu memberikan jalan begitu mereka tahu jawabannya. Mereka
menunjukkan grafik-grafik yang saya buat dan menerangkan
seterang-terangnya sehingga kami makin mengerti. Ujian penuh puja-puji, menanyakan ihwal masa depan dan mendiskusikan kekurangan penuh keterbukaan.
Pada saat kembali ke Tanah Air, banyak hal sebaliknya sering saya
saksikan. Para pengajar bukan saling menolong, malah ikut “menelan”
mahasiswanya yang duduk di bangku ujian. * Etika seseorang
penguji atau promotor membela atau meluruskan pertanyaan, penguji
marah-marah, tersinggung, dan menyebarkan berita tidak sedap seakan-akan
kebaikan itu ada udang di balik batunya. Saya sempat mengalami
frustrasi yang luar biasa menyaksikan bagaimana para dosen menguji, yang
maaf, menurut hemat saya sangat tidak manusiawi. Mereka bukan
melakukan encouragement, melainkan discouragement. Hasilnya pun bisa
diduga, kelulusan rendah dan yang diluluskan pun kualitasnya tidak
hebat-hebat betul. Orang yang tertekan ternyata belakangan saya temukan
juga menguji dengan cara menekan. Ada semacam balas dendam dan
kecurigaan. Saya ingat betul bagaimana guru-guru di Amerika
memajukan anak didiknya. Saya berpikir pantaslah anak-anak di sana mampu
menjadi penulis karya-karya ilmiah yang hebat, bahkan penerima Hadiah
Nobel. Bukan karena mereka punya guru yang pintar secara akademis,
melainkan karakternya sangat kuat: karakter yang membangun, bukan
merusak. Kembali ke pengalaman anak saya di atas, ibu guru
mengingatkan saya. “Janganlah kita mengukur kualitas anak-anak kita
dengan kemampuan kita yang sudah jauh di depan,” ujarnya dengan penuh
kesungguhan. Saya juga teringat dengan rapor anak-anak di Amerika yang ditulis dalam bentuk verbal.
Anak-anak Indonesia yang baru tiba umumnya mengalami kesulitan, namun
rapornya tidak diberi nilai merah, melainkan diberi kalimat yang
mendorongnya untuk bekerja lebih keras, seperti berikut. “Sarah telah
memulainya dengan berat, dia mencobanya dengan sungguh-sungguh. Namun
Sarah telah menunjukkan kemajuan yang berarti.” Malam itu saya
mendatangi anak saya yang tengah tertidur dan mengecup keningnya. Saya
ingin memeluknya di tengah-tengah rasa salah telah memberi penilaian
yang tidak objektif. Dia pernah protes saat menerima nilai E
yang berarti excellent (sempurna),tetapi saya mengatakan “gurunya
salah”. Kini saya melihatnya dengan kacamata yang berbeda. MELAHIRKAN KEHEBATAN
Bisakah kita mencetak orang orang hebat dengan cara menciptakan
hambatan dan rasa takut? Bukan tidak mustahil kita adalah generasi yang
dibentuk oleh sejuta ancaman: gesper, rotan pemukul, tangan bercincin
batu akik, kapur, dan penghapus yang dilontarkan dengan keras oleh
guru,sundutan rokok, dan seterusnya. Kita dibesarkan dengan
seribu satu kata-kata ancaman: Awas…; Kalau,…; Nanti,…; dan tentu saja
tulisan berwarna merah menyala di atas kertas ujian dan rapor di
sekolah. Sekolah yang membuat kita tidak nyaman mungkin telah
membuat kita menjadi lebih disiplin. Namun di lain pihak dia juga bisa
mematikan inisiatif dan mengendurkan semangat. Temuan-temuan baru dalam
ilmu otak ternyata menunjukkan otak manusia tidak statis, melainkan
dapat mengerucut (mengecil) atau sebaliknya, dapat tumbuh.
Semua itu sangat tergantung dari ancaman atau dukungan (dorongan) yang
didapat dari orang-orang di sekitarnya. Dengan demikian kecerdasan
manusia dapat tumbuh, sebaliknya dapat menurun. Seperti yang sering saya
katakan, ada orang pintar dan ada orang yang kurang pintar atau bodoh. Tetapi juga ada orang yang tambah pintar dan ada orang yang tambah bodoh.
Mari kita renungkan dan mulailah mendorong kemajuan, bukan menaburkan
ancaman atau ketakutan. Bantulah orang lain untuk maju, bukan dengan
menghina atau memberi ancaman yang menakut-nakuti.
|
Karier dan Kehidupan
Rhenald Kasali adalah
dosen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dan Ketua Program Pascasarjana
Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi universitas tersebut.
[4] Selain bergerak sebagai akademisi, pria bergelar Ph. D. dari
University of Illinois ini juga produktif menulis.
[2]
Buku-buku yang ditulisnya selalu menjadi perhatian kalangan bisnis dan
dikoleksi oleh banyak dan hampir semua bukunya best seller
mahasiswa.
[2]
Berikut beberapa
buku yang telah ditulis Prof. Rhenald Kasali .
[5]
- Sembilan Fenomena Bisnis - 1997
- Membidik Pasar Indonesia: Segmentasi, Targeting dan Positioning, Gramedia Pustaka Utama (1998)
- Sembari Minum Kopi Politiking di Panggung Bisnis, Gramedia Pustaka Utama
- Sukses Melakukan Presentasi, Gramedia Pustaka Utama (2001)
- Change!, Gramedia Pustaka Utama (2005)
- Recode Your Change DNA, Gramedia Pustaka Utama (2007)
- Mutasi DNA Powerhouse, Gramedia Pustaka Utama (2008)
- Wirausaha Muda Mandiri, Gramedia Pustaka Utama (2010)
- Myelin: Mobilisasi intengibles sebagai kekuatan perubahan, Gramedia
Pustaka Utama (2010). Buku ini menjadi rujukan perusahaan-perusahaan
besar di Indonesia
- Cracking Zone, Gramedia Pustaka Utama (2011)
Selain mengajar di Universitas Indonesia, ia juga menjadi
dosen terbang di
Program Magister Manajemen Universitas Sam Ratulangi,
Universitas Tanjung Pura,
Universitas Udayana, dan
Universitas Lampung.
[4]
Penghargaan
Atas kerja kerasnya, Rhenald mendapatkan beberap penghargaan sebagai berikut
[6].
- Mendapat Piagam Penghargaan Satya Lencana Karya Satya 10 tahun dari Presiden Republik Indonesia , Piagam No. 112451/4-22/2004
- Mendapat Penghargaan "KREATIVITAS" di bidang Pendidikan dari Yayasan Pengembangan Kreativitas, Yayasan Pengembangan Kreatifitas , Surat No. 46/SK-YPK/IV/2005
- Mendapat Piagam Penghargaan dari Rektor Universitas Indonesia
sebagai Penulis Buku , UI , Piagam Penghargan Rektor UI tgl. 9 Mei 2005
- Alice & Charlote Biester Award (1995)
- Dosen Terbaik, FEUI (2003)
Guru Besar
Pada
4 Juli 2009, Rhenald dinobatkan menjadi guru besar Ilmu Manajemen di Universtas Indonesia
[3]. Saat pengukuhannya sebagai guru besar, Rhenald membawakan
orasi ilmiah berjudul "Keluar dari Krisis: Membangun Kekuatan Baru Melalui Core Belief dan Tata Nilai"
[3].
Pemikiran
Bagi Rhenald, bisnis adalah perihal membuat sesuatu menjadi hal yang luar biasa, itulah bisnis.
[rujukan?] Dalam pengembangkan bisnis, ia menegaskan bahwa pola pikir
kewirausahaan (
entrepreneurship) diperlukan, bukannya
keberuntungan (
luck).
[7] Rhenald mengatakan bahwa kewirausahaan bukanlah ada sendiri, tetap harus diciptakan.
[7]
Baginya, keberuntungan sebenarnya adalah ketika kesempatan bertemu dengan persiapan.
[rujukan?] Artinya, keberuntungan sendiri tampaknya mempunyai
sifat yang sama dengan kewirausahaan yang pada dasarnya “diciptakan”.
[7] Keberuntungan tidak akan datang dengan sendirinya.
[7] Keberuntungan ada karena ada usaha sebelumnya.
[7]
Dari sinilah dapat dipahami betapa pentingnya latihan yang terus
menerus dan pantang menyerah oleh mereka yang ingin terjun dalam dunia
bisnis.
[7]
Akan tetapi, seorang
wirausahawan (
entrepreneur) harus melakukan reinvestasi.
[rujukan?] Baginya,
tujuan orang berwirausaha bukan untuk menjadi
kaya, karena kaya hanyalah akibat.
[7]
Rhenadl menyatakan bahwa seorang wirausahawan yang hanya menjadikan
kekayaan sebagai tujuan utama dalam berwirausaha adalah bentuk
pengkhiatan terhadap kewirausahaan.
[7]
Dalam buku terbarunya,
Myelin: Mobilisasi Intengibles sebagai Kekuatan Perubahan (Gramedia Pustaka Utama, 2010)Rhenald menyatakan bahwa myelin (
muscle memory)
sebagai faktor penting untuk menjembatani gagasan yang dihasilkan
"brain memory" bisa sampai di tujuan dengan "mengendarai" myelin yang
terlatih.
[rujukan?] Artinya, tidak ada keraguan atas kecerdasan
sumber daya manusia Indonesia.
[8] Sebagai contoh, sudah banyak anak-anak Indonesia yang memenangi
olimpiade fisika atau
matematika dunia.
[9] Namun, Rhenald menegaskan bahwa pengetahuan saja tidaklah cukup untuk meraih kesuksesan.
[9] Kunci kesuksesan adalah terus berlatih.
[9] Semakin sering berlatih maka jaminan untuk sukses semakin nyata.
[9]
Harap diambil hikmahnya saja :)
0 komentar:
Posting Komentar