Pages

Belajar Dari Lionel Messi


Tak banyak orang mengenalnya, tak ada sesuatu yang bisa ia banggakan, tak ada pula orang yang meneriakkan namanya ketika dia bermain sepak bola. Itu dulu, jauh sebelum Charles Rexarch, Direktur Personalia  Barcelona melirik dan kemudian memboyongnya ke Negeri Spanyol.


 
Lionel Andres Messi dilahirkan di Rosario, Argentina, 23 tahun silam. Ia adalah putra dari pasangan Jorge dan Celia Messi. Perjalanan suksesnya tidak semulus yang kita bayangkan.
Messi saat masih kecil mengalami kelainan pertumbuhan. Dirinya divonis kekurangan hormon pertumbuhan yang menghambat tinggi badannya. Alhasil, sampai usia belasan tahun, tinggi badan Messi lebih kecil dua tahun dari teman-teman sebayanya. Dokter pun mengatakan bila dibiarkan, tinggi maksimal Messi hanya akan mencapai 140 sentimeter.
Namun, Messi dapat menutupi kekurangannya tersebut dengan bakatnya. Ketika bergabung di tim junior klub ternama Argentina Newell Old Boys, Messi tak terkalahkan di lapangan. Pernah dalam suatu pertandingan ia dengan mudah melewati dua pemain lawan bertubuh besar (postur ideal). Lawannya yang lebih besar, yang pertama, dengan gampang dilewati. Lawan keduanya, berusaha mencegat dengan memanfaatkan badannya yang lebih besar. Tapi, dengan sedikit tipuan kaki, Messi dengan bolanya bisa lewat dengan mulus sedang lawannya itu malah terjatuh.

 
Meskipun gemilang di lapangan, namun kekurangan fisik Messi mengkhawatirkan kedua orang tuanya. Sang ayah, Jorge, hanya seorang pekerja pabrik dengan gaji kecil disamping melatih klub Grandoli yang berstatus semi-pro. Saat itu, Messi memang menjalani terapi hormon, namun biaya untuk hal tersebut tidaklah sedikit. Sekitar 650 US$ setiap bulannya. Jorge hanya mampu membiayai terapi hormon Messi selama dua bulan pertama. itupun dari seluruh tabungan asuransi kesehatannya.
Banyak yang tak mengetahui bahwa striker fenomenal sekelas Lionel Messi pernah ditolak Como Calcio, sebuah klub kecil di Italia. Peristiwa itu terjadi delapan tahun silam, saat Messi masih berusia 15 tahun.
Namun, impian Messi untuk menjadi pemain sepak bola tidaklah pupus berkat andil seorang pria. Adalah Charles Rexarch, Direktur Personalia  Barcelona yang sedang berada di Argentina untuk mencari pemain muda potensial. Kabar mengenai kehebatan Messi sampai ke telinga Rexarch. Ia pun menemui bocah tersebut. Meskipun mengetahui kekurangan fisik Messi, Rexarch tetap membawanya ke Spanyol setelah melihat aksinya dilapangan.
Awalnya, pihak Barcelona juga ragu untuk mengontraknya karena mengetahui kekurangan tersebut. Namun begitu melihat langsung aksi Messi di lapangan, mereka langsung menyodorinya kontrak untuk ditandatangani. Barcelona juga memutuskan untuk membiayai terapi hormon Messi sampai ia mencapai tinggi maksimal. Tak hanya itu, mereka juga memberi pekerjaan kepada ayah Messi, Jorge, dan rumah bagi keluarga Messi di Spanyol.
Berkat terapi hormon, Messi dapat tumbuh hingga 169 sentimeter. Tinggi yang, walaupun bukan ideal untuk seorang pesepakbola, namun merupakan tinggi badan normal.

 
Di Tim B Barcelona, ia mencetak 35 gol dalam 30 pertandingan. Prestasinya membuat ia segera naik pangkat ke tim senior pada 2004. Tak sia-sia Barca merekrutnya. Ia menjadi pemain termuda yang pernah mencetak gol untuk timnya di Primera Liga Spanyol pada 2005. Pada tahun itu pula, Barcelona menawarkan kontrak baru hingga 2010 senilai €150 juta, €30 juta lebih tinggi dari kontrak Ronaldo, yang masih dianggap sebagai pemain terbaik dunia saat itu.

Tidak seperti beberapa pemain bintang yang menikmati kehidupan mereka sebagai selebriti, Lionel Messi adalah sosok yang tertutup, bersahaja, dan sederhana. Selain dari aksinya di lapangan hijau, ia jarang membuka mulut tentang kehidupan pribadinya. Messi nyaris tak pernah mengumbar hubungannya dengan wanita, namun tampaknya pemain bola memang merupakan magnet bagi para model.
Messi merupakan pemain kidal yang serba bisa. Ia mampu tampil sama baiknya di tengah, sayap, maupun sebagai penyerang. Kecepatan, kemampuan dribel dan visinya adalah kelas dunia. Rivalitas antara dirinya dan Cristiano Ronaldo, yang juga merupakan pesepakbola terbaik di dunia, sudah menjadi legenda. Terlebih keduanya bermain di satu liga yang sama, liga spanyol.

Lionel Messi dan Xavi Hernandes saat menerima penghargaan pemain terbaik.
Penghargaan yang diraihnya pun tak tanggung-tanggung. Ia sudah 3 kali berturut-turut menjadi top skorer di Liga Champions Eropa bersama Barcelona, mulai musin 2009 hingga musim 2011 ini. Selain itu, dia juga sudah dua kali berturut-turut menjadi pemain terbaik dunia selama musim 2008 hingga 2010. Serta masih banyak lagi penghargaan yang ia peroleh berkat kegigihan dan rasa percaya dirinya.

Kini, Messi adalah pemain kunci klub Barcelona dan tim nasional Argentina. Gerbang kesuksesan telah dimasukinya dengan kerja keras, bakat dan kegigihan. Messi juga dikenal fokus pada karirnya dan menjauhi kehidupan glamor. Hal-hal semacam ini justru menambah nilai positif Messi di mata fans dan pendukungnya.
Musim ini, Messi mengakhirinya dengan indah. Dia adalah salah satu pencetak gol ke gawang Edwin Van Der Sar, selain Pedro dan David Villa di Final Liga Champions beberapa hari lalu yang berkesudahan dengan skor 3-1 untuk Barcelona.


Teruskan perjuangan, Messi. Kami nantikan lagi penampilan indahmu di lapangan hijau musim depan.


Go Messi.
Visca Barca !!

Sumber:
http://peterdraw.wordpress.com/2011/06/01/belajar-dari-lionel-messi/

0 komentar:

Posting Komentar