Pages

RI Negara Terkonsumtif ke-2 di Dunia


 Gambar Ilustrasi
Sumber Gambar: http://ekonomi.kompasiana.com/bisnis/2011/03/30/membangun-kejayaan-ekonomi-indonesia/

Jakarta - Ketua Umum Gerakan Beli Indonesia Heppy Trenggono mengungkapkan, Indonesia merupakan negara paling konsumtif kedua  di dunia. Sulit membayangkan negara yang konsumtif akan maju dan kompetitif dengan negara lain.
"Kita adalah negara konsumtif kedua di dunia, dari data AC Nielsen. Banyak uang-uang kita dibelanjakan untuk produk-produk dari luar negeri," kata Heppy, dalam diskusi bertema Mengurangi Dominasi Luar Negeri dalam Ekonomi Indonesia, Mungkinkah? di Gedung Newsceum Indonesia, Jakarta, Rabu (9/11).

Berdasarkan data AC Nielsen, lanjutnya, negara pertama yang paling konsumtif adalah Singapura. Namun yang membuatnya kaget, rupanya, 60% orang yang belanja di negara Singapura itu adalah orang Indonesia.

"Jadi negara kita itu sebetulnya negara terkonsumtif pertama dan kedua sekaligus," Heppy, menambahkan.

Saat ini, dukungan pemerintah kita lebih banyak kepada pihak swasta dalam pembangunan gedung-gedung pusat perbelanjaan, dibandingkan pembangunan jalan raya.

Tingginya angka konsumtif masyarakat kita juga dapat dilihat dari penggunaan kartu kredit.

Heppy memperkirakan, dalam setiap tahunnya transaksi kartu kredit mencapai Rp 250 triliun. "Ko bisa APBN negara kita yang hanya Rp 200 triliunan, namun tingkat konsumsi kita yang menggunakan kartu kredit hingga Rp 250 triliun."

Negara yang konsumtif, lanjut Heppy, tidak dapat menjadi negara yang maju dan bersaing dengan negara lain. Terbukti dengan kondisi negara kita yang hingga kini terus mengalami dominasi produk-produk asing. "Kita ini sebetulnya kaya, namun kita memilih sendiri menjadi orang yang miskin," tutupnya. [AM]

tambahan:
Indonesia merupakan negara ter konsumtif ke 2 se-dunia, itu artinya jika tidak diimbangi dengan discovery, inventory and inovation asli dari penduduk lokal maka jangan heran ini akan menjadi pemicu percepatan menuju ke negara "budak" :)

Sumber: http://www.gatra.com/terpopuler/46-ekonomi/4501-ri-negara-terkonsumtif-ke-2-di-dunia

4 komentar:

Rizki Pradana mengatakan...

postingan2nya sangat menarik dan bermanfaat,,terus menulis,,karena dengan menulis kita bisa mengembangkan imajinasi kita dan menjadikan kita lebih kretaif ^_^

salam kenal
kalau berkenan silahkan mampir ke EPICENTRUM
folloback juga ya buat nambah temen sesama blooger,,tukeran link juga boleh,,makasih..^_^

Amalul A. Sudira mengatakan...

siap insyaAlloh bos :)

Anonim mengatakan...

Betul.... Kita hrs berhemat & lbh bijaksana dlm gunakan uang.....cintailah produk2 bajakan, krn lbh hemat...^_^

imam nuryanto mengatakan...

jangan2 yang nulis dan yg komen juga konsumtif

Posting Komentar